Membentuk Masyarakat Madani dengan Program Posdaya

Diposting pada: 2015-11-15, oleh : staim, Kategori: Informasi Perguruan Tinggi

Minggu, 16 Agustus 2015 yang lalu STAI Muhammadiyah Tulungagung beserta seluruh Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Se-Tulungagung menandatangani kontrak kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat Kab.Tulungagung dengan wadah program Posdaya yang dilaksanakan di Pantai Sine Tulungagung, disaksikan oleh seluruh masyarakat setempat, kapolsek, camat, lurah, dll. Acara tersebut dimeriahkan pula dengan adanya pameran dari masing-masing Perguruan Tinggi Se-Kab.Tulungagung yang langsung di handle oleh para Mahasiswanya, ada STAI Muhammadiyah Tulungagung sendiri yang langsung di hadiri oleh Ketua Cand (Dr.) Nurul Amin, M.Ag, STAI Diponegoro, IAIN Tulungagung, Univ. Tulungagung (UNITA), STIKES Tulungagung, dan STKIP PGRI Tulungagung. Acara yang dikonsep sangat sederhana ini terkesan meriah sekali, dikarenakan masyarakat setempat khusunya sangat antusias menyambut program ini, ditambah lagi adanya pemeran dari tiap-tiap Perguruan Tinggi tersebut yang memamerkan produk-produknya, baik hasil produk Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) yang di bimbing oleh para Dosennya, hasil produk mahasiswa secara pribadi dan hasil produk kerjasama dari masing-masing Perguruan Tinggi. Seperti STAI Muhammadiyah Tulungagung yang memamerkan hasil produk dari UKM Koperasi Mahasiswanya (UKM) yang langsung di bimbing oleh dosen Ekonomi Syari’ah Bapak. Hasan Sultoni, S.HI, M.Sy dan Ibu. Mei Santi, M.Sy.

Penerapan ekonomi mandiri yang dibesut oleh Prodi Ekonomi Syari’ah STAI Muhammadiyah Tulungagung, yang dalam implemantasinya direalisasikan pada Koperasi Mahasiswa (KOPMA) sangat menunjukan keberhasilan, itu dibuktikan dengan ramainya stand mahasiswa STAI Muhammadiyah Tulungagung dari pada yang lain pada pameran Posdaya di Sine yang lalu. Antusiasme masyarakat setempat khususnya atau para penikmat pameran sangat merasa kebutuhannya terjawabkan oleh stand STAI Muhammadiyah Tulungagung, ini dikarenakan produk-produk yang dipamerkan/yang dihasilkan memang benar-benar menyesuaikan kebutuhan masyarakat pada umumnya dan masyarakat desa yang berada dibawah binaan STAI Muhammadiyah Tulungagung khususnya.

Posdaya adalah forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu. Apabila memungkinkan Posdaya bisa dikembangkan sebagai wadah pelayanan keluarga secara terpadu, utamanya pelayanan kesehatan, pendidikan, wirausaha, dan pengembangan lingkungan yang memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.

Upaya pemberdayaan yang ditawarkan dalam Posdaya diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga, yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Pemenuhan fungsi-fungsi ini pada hakekatnya bermuara pada pemenuhan tujuan dan sasaran pembangunan abad milleneum (MDGs) yang ditetapkan sebagai program pembangunan di Indonesia.

Dalam Posdaya keluarga yang lebih mampu, kalau perlu dengan pendampingan petugas pemerintah atau organisasi masyarakat, membantu penguatan kemampuan keluarga yang kurang mampu. Secara ringkas tujuan pembentukan Posdaya adalah:

  1. Menyegarkan modal sosial seperti hidup gotong royong dalam masyarakat untuk membanlu pemberdayaan keluarga secara terpadu dan membangun keluarga bahagia dan sejahtera.
  2. Ikut memelihara lembaga sosial kemasyarakatan yang terkecil, yaitu keluarga, yang dapat menjadi perekat masyarakat sehingga tercipta kehidupan yang rukun, damai dan memiliki dinamika tinggi.
  3. Memberi kesempatan kepada setiap keluarga untuk memberi atau menerima pembaharuan yang dapat dipergunakan dalam proses pembangunan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Semoga STAI Muhammadiyah Tulungagung semakin maju, menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat se-kab.Tulungagung khususnya, dan masyarakat seluruh Indonesia umumnya. Bahkan saat ini STAI Muhammadiyah Tulungagung terus mengepakkan sayapnya bekerjasama dengan luar negeri untuk memantapkan kualitas akademik di lingkungan STAI Muhammadiyah Tulungagung, seperti dengan Univ. Tekonologi Malaysia (UTM), Thailand Selatan dan Singapore dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)nya dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. –AF-


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya

Silahkan manfaatkan aplikasi ini dan berikan komentar dengan baik dan mendidik!



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah