STAIM TA lakukan MoU dengan 5 PTKIS Se-Indonesia

Diposting pada: 2016-01-25, oleh : staim, Kategori: Berita Prestasi STAIM

STAI Muhammadiyah Tulungagung (Baca; STAIM TA) kembali menjalin kerja sama dengan berbagai instansi baik perguruan tinggi maupun stakeholder lainnya. Pada kesempatan ini STAIM TA mengadakan penanadatangan MoU (Memorandum of Understanding) dengan 5 PTKIS se-Indonesia, ada dari Sekolah Tinggi Islam, Institut Agama Islam dan Universitas Islam, yang bertepatan juga dengan Bimbingan Teknis Pelaporan Bantuan Sarana Prasarana Perguruan Tinggi se-Indonesia tahun 2015 oleh Direktorat Diktis Kemenag RI yang bertempat di Padjajajaran Suites Hotel Tanggerang Banten, Kamis (12/11/2015).

Kegiatan penandatangan MoU ini kiranya langsung dilakukan oleh Ketua STAIM TA Cand (Dr.) Nurul Amin, M.Ag, akan tetapi karena padatnya agenda Ketua STAIM TA diakhir tahun ini, maka penandatanganan MoU akhirnya diwakilkan oleh Cand (Dr.) Afiful Ikhwan, M.Pd.I, adapun MoU ini dihadiri langsung oleh Rektor Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro (IAIPD) Nganjuk Jawa Timur Cand (Dr.) H. Riduwan, MPd.I,  bersama juga dengan 4 perguruan tinggi lainnya dari; (1) Sumatera Jambi Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Muara Bulian (STAI MB) Zulqarnain, S.Ag, M.Hum, Ph.D, (2) Sumatera Lampung Metro Rektor Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul ‘Ulama (IAIM NU) Dr. K.H. Mispani Ramli, M.Pd.I, (3) Jember Jawa Timur Rektor Universitas Islam Jember Cand (Dr.) Drs. H. Abdul Hadi, S.Pd, S.H, M.M, dan yang terakhir (4) Ketua SekolahTinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi Jatim Samsul Hadi, S.H.I, M.Pd.I.

Kelima Perguruan Tinggi tersebut berkomitmen mempunyai kesamaan pemahaman untuk saling memajukan penelitian dan pengabdian masyarakat serta Sumber Daya Manusia (SDM) Dosennya antar atau lintas pulau yang berada di luar jawa sumatera ada 2 PTKI dan di pulau jawa sendiri ada 3 PTKI. Untuk itu perlu menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi terkait publikasi dan hal lainnya seperti yang tertuang dalam kerjasama ini.

“Selain itu dalam waktu dekat ini STAIM TA dan STAI MB akan segera merealisasikan penerbitan karya ilmiah bersama antar Dosen dari kedua PTKIS ini, selanjutnya akan melahirkan karya-karya ilmiah yang lainnya”. Ucap Ketua STAI MB Jambi.

Ketua STIT Islamiyah Karya Pembagunan Paron Ngawi menambahkan “Desember kedepan kita akan segera merealisasikan kerjasama ini melalui program kewirausahaan, Dosen STAIM TA saya minta menjadi salah satu narasumber workshop kewirausahaan tersebut, ini juga dalam rangka merealisasikan agenda dari perolehannya bantuan entrepreneur center STIT Paron Ngawi dari Diktis yang diawali dengan pelatihan”.

Sementara itu Rektor IAIM NU Metro Lampung Dr. K.H. Mispani Ramli, M.Pd.I menyampaikan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dan kekeluargaan antara kedua instansi yang masing-masing berada dibawah naungan organisasi Islam terbesar di Indonesia ini dan memanfaatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki secara maksimal dan sebaik-baiknya, agar lebih berhasil dalam pembinaan dan pengembangan bersama, khususnya dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Saya berharap ada studi banding dalam waktu dekat ini, apakah itu diawali STAIM TA yang ke berkunjung ke kami, atau kami duluan yang berkunjung ke STAIM TA dan Unmuh Malang”.  Ucap Kyai yang murah senyum, hobby melucu dan low profile ini.

“Adapun ruang lingkup kerjasama ini meliputi Penelitian terpublikasi, penerbitan karya ilmiah, pengabdian kepada masyarakat, pertukaran SDM Dosen dan Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa (PPL) serta bentuk-bentuk lain sesuai kebutuhan kedua belah pihak”. Tegas Ketua STAIM TA yang diwakili oleh Afiful Ikhwan. –AF-


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya

Silahkan manfaatkan aplikasi ini dan berikan komentar dengan baik dan mendidik!



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah