Seminar Kewirausahaan

Diposting pada: 2016-06-19, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

STAI Muhammadiyah Tulungagung menyelenggarakan Seminar  Kewirausahaan “Membangung Karakter Wirausahawan Muslim”. Seminar yang diselenggarakan pada 31 Januari 2016 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini menghadirkan Bpk. Sutoto, M.Si dari Balai Latihan Kerja (BLK) Tulungagung dan Bpk. Wahyu Eka Dianto, S.Pt dari Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) sebagai keynote speaker.

Ketua STAIM Tulungagung Cand (Dr.) Nurul Amin, M.Ag mendukung setiap kegiatan yang menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan pada generasi muda khususnya kepada para mahasiswa. Beliau juga berharap melalui seminar ini, peserta dapat menggali dan memperoleh ilmu dan wawasan di bidang kewirausahaan yang bermanfaat sehingga tergerak untuk membangun dan memiliki usaha sendiri.  Dalam kesempatan ini juga, beliau mengajak mahasiswa untuk mampu berperan dalam mengembangkan kewirausahaan yang berbasis teknologi.

Seminar ini merupakan salah satu agenda Mahasiswa penerima bantuan program magang pada dunia Industri dari Pendis Diktis Kemenag RI tahun anggaran 2015, yang diperoleh sebanyak 10 Mahasiswa dengan total bantuan Rp. 60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah), seminar ini insyaallah akan diagendakan rutin setiap tahunnya. STAIM Tulungagung khususnya prodi Ekonomi Syari’ah memfokuskan program kewirausahaan ini sebagai ciri khas perguruan tinggi dalam Program Nasional (Pemerintah) sebagaiamana yang diprakarsai oleh Pemerintah dan Kementerian Koperasi dan UKM dengan slogan “Ayo Kerja”. Hal ini senada dengan yang diungkapkan pembicara “ayo berwirausaha !!”.

Apa lagi di tahun 2016 ini yang sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana persaingan dituntut seketat mungkin antar negara, tidak lagi antar intern negara sendiri. STAIM Tulungagung, IIBF dan BLK berkerjasama dalam menciptakan karakter-karakter wirausaha muslim yang tangguh dan handal, memiliki daya kreativitas dan inovasi yang tinggi sehingga mampu bersaing ditengah globalisasi perekonomian.

Selain mengundang pembicara dari luar, seminar ini juga menghadirkan pembicara dari para alumni STAIM Tulungagung yang sukses berwirausaha. Salah satunya Lutfi Azizah, S.Pd.I. “Follow your passion” ungkap alumni STAIM TA 2010 ini kepada para peserta yang hadir dalam seminar yang diselenggarakan di Auditorium utama kampus ini. Menurut beliau, ada tiga prinsip dasar menjadi orang yang sukses, yakni (1) jadilah yang pertama (2) jadilah yang terbaik dan (3)  jadilah yang berbeda, “Jadilah yang pertama, kalau tidak bisa menjadi yang pertama, jadilah yang terbaik dan kalau tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah yang berbeda” ungkapnya. 

Seminar kewirausahaan ini kali pertama yang diselenggarakan oleh STAIM Tulungagung di handle langsung oleh teman-teman BEM ini terhitung acaranya sangat sukses, itu dibuktikan dengan banyaknya peserta dan antusianya peserta seminar bertanya kepada pembicara saat dibukanya kesempatan sesi tanya jawab, bukti selanjutnya dengan penuhnya auditorium utama kampus STAIM TA oleh para peserta diluar perkiraan panitia.

Semoga seminar ini bermanfaat dan agenda seminar kedepan mampu menghadirkan para pembicara handal dan alumni STAIM TA yang sukses membangun usahanya sendiri ini sehingga dapat memberikan motivasi kepada para peserta untuk merintis usahanya sendiri.


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah