Workshop Pengabdian Masyarakat; Pentingnya Mengabdi Kepada Masyarakat

Diposting pada: 2016-06-19, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

Para dosen STAI Muhammadiyah Tulungagung kembali diingatkan akan pentingnya melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat selain mengajar dalam kegiatan workshop pengabdian masyarakat yang diadakan pada 16-17 Maret 2016. Tidak hanya merupakan salah satu unsur dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun kegiatan riset dan pengabdian masyarakat menjadi faktor yang sangat penting dalam keberadaan sebuah perguruan tinggi di tengah masyarakat.

Yang menarik, ada komentar yang cukup keras yang dilontarkan oleh salah satu pembicara, “Kalau dosen tetap tidak diberdayakan, itu salah pimpinan dan manajemennya yang perlu di tata,” ujar Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. “Dengan melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dosen akan mengenal keadaan dan kebutuhan masyarakat, dan ilmu akan senantiasa diupdate.,” sambung beliau. “Sasaran dari kegiatan pengabdian pada masyarakat tidak melulu harus tentang budaya, bisa pendampingan desa, pendampingan eks lokalisasi, dsb,” tegasnya. “Ada masyarakat industri yang juga membutuhkan sumbangan pemikiran dann penelitian akademisi dari perguruan tinggi,” pungkasnya.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M), kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. “Kegiatan pengabdian masyarakat yang baik harus didahului dan didasari oleh penelitian akan gambaran kondisi masyarakat agar tepat sasaran dan tidak menjadi kegiatan formalitas belaka seperti hanya untuk Serdos, kenaikan pangkat, akreditasi, dll,” ujar Bapak Afiful Ikhwan, M.Pd.I.

Workshop yang merupakan kegiatan tahunan P3M kali ini membahas berbagai trik untuk bisa lolos dan mendapatkan pendanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dari Diktis Kemenag RI Jakarta. Jika dalam tahun-tahun sebelumnya workshop hanya menekankan pembahasan pada masalah penelitian, tahun ini kegiatan Pengabdian Masyarakat mendapatkan porsi yang sama. Dengan demikian, STAI Muhammadiyah Tulungagung semakin menguatkan komitmen mencapai visi untuk berkontribusi pada masyarakat sebagai kampus yang berkemajuan. –AF-


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah