Workshop Jurnal; Strategi Persiapan Akreditasi

Diposting pada: 2016-10-15, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

Tulungagung, 15 Mei 2016 - Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian secara global, sehingga diakui di tingkat internasional yang berdampak pada peningkatan jumlah sitasi artikel dan jurnal. Saat ini sedikit sekali jurnal ilmiah Indonesia yang bereputasi Internasional, sehingga hasil penelitian yang dilakukan kurang dikenal dunia internasional.

Sesuai dengan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DITJEN DIKTI) Nomor: 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, yang memberlakukan ketentuan sebagai berikut (a) Untuk lulusan program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah. (b) Untuk lulusan program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional diutamakan yang terakreditasi Dikti. (c) Untuk lulusan program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional. Untuk meningkatkan produktifitas karya ilmiah yang bisa terbit di jurnal internasional, STAI Muhammadiyah Tulungagung bekerjasama dengan FOREDJ (Forum Redaktur Jurnal) Kopertais Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan “Workshop E-Jurnal Management; Strategi Persiapan Akreditasi dan Index Internasional”.

Acara workshop dibuka langsung oleh Ketua STAI Muhammadiyah Tulungagung Nurul Amin, M.Ag, turut hadir pula ketua FOREDJ Kopertais IV Mukani, M.Pd.I, sejatinya workshop yang kepanitiannya diketuai oleh Afiful Ikhwan, M.Pd.I ini dikhususkan untuk wilayah cluster matraman dari kopertais IV yang mengkoordinir PTKIS se-jawa, Bali, NTB lebih dari 150’an Perguruan Tinggi Islam, akan tetapi karena sangat antusiasnya PTKIS kopertais wilayah IV Surabaya ini dalam hal menseriusi jurnal, banyak yang hadir diluar dari cluster matraman seperti IAI Sunan Giri Bojonegoro, STAI Magetan, STIT Muh Pacitan, dsb., bukti lain sangat antusiasnya ingin mengikuti workshop ini bahkan dari satu institusi mengutus lebih dari satu peserta, ada yang empat, lima bahkan tujuh.

Adapun pemateri workshop kali ini langsung dari Kopertais IV Surabaya Dr. H. M. Zamzami, Lc, M.Fil dan Moh. Nur Hasib, S.Kom, peserta dibagi menjadi dua; (1) peserta yang siap maju akreditasi jurnal dalam waktu dekat dan (2) peserta yang masih konsen di OJSnya. Acara yang berlangsung hanya sehari ini berjalan lancar dan terasa sangat kurang ilmu yang di dapat, karena dengan adanya SE Ditjen Dikti tersebut selaras pula dengan kebijakan akreditasi jurnal online per 2016 ini, jadi Dikti membuat kebijakan sudah tidak lagi menerima pengajuan akreditasi jurnal cetak, akan tetapi hanya menerima jurnal online yang didaftarkan melalui website resmi Arjuna (akreditasi jurnal nasional) yang telah terintegrasi milik dikti ini.

Acara ditutup dengan foto bersama dan saling komitmen pengelola jurnal untuk memajukan publikasi ilmiah dengan saling bertukar naskah dari PTKIS masing-masing, target dari workshop ini ditahun 2017 harus ada 5 atau lebih jurnal PTKIS yang terakreditasi di wilayah kopertais IV Surabaya, karena sampai saat ini hanya jurnal tsaqofah UNIDA (Universitas Darussalam) Gontor yang telah terakreditasi. Semoga target ini dapat terealisasi. –AF-


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah