STAIM Gelar Workshop Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Se-Jatim

Diposting pada: 2016-09-09, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

Tulungagung, 18 Mei 2016 - Civitas akademika STAI Muhammadiyah Tulungagung terutama para dosen setiap saat selalu dimotivasi untuk memperkuat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Guna lebih mendorong dosen pada kegiatan itu,  diadakanlah workshop penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang di motori oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV Surabaya pada Rabu 18 Mei 2016 di Aula Ruang Rapat Lt.2 STAI Muhammadiyah Tulungagung dua hari setelah pelaksanaan workshop Jurnal Se-Kopertais IV di lokasi yang sama. Demikian ditegaskan Ketua P3M STAIM Tulungagung, Afiful Ikhwan, M.Pd.I di temui di kampus, Jl. Pahlawan Gg.III Kedungwaru, Kamis, 19 Mei 2016.

Dijelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh dosen dengan tujuan; Pertama lebih memperkenalkan beberapa program dari Kemenag Diktis, Kemenristek Dikti, dan LPDP terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua kegiatan itu sebagai upaya merealisasikan Tri Dharma Perguruan tinggi di kampus, tandas kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Islam ini.

Desain workshop ini lebih kepada sharing antar peserta dari berbagai macam daerah di PTKISnya masing-masing, hal ini untuk memunculkan ide-ide dan isu-isu terkini yang dapat diangkat menjadi fokus permasalahan untuk di teliti secara kolaboratif lintas kampus. Senada pula yang dikatakan oleh koordinator FKDP Amang Faturohman, M.Pd.I “pertemuan kali kedua ini setelah yang pertama di aula kopertais IV UIN Surabaya harus menghasilkan judul besar penelitian maupun pengabdian masyarakat di masing-masing cluster PTKIS agar dapat segera terealisasi dan dipublikasi secara nasional melalui program Kemenag Diktis, Kemenristek Dikti dan LPDP”. Ditegaskan pula oleh Ketua STAIM Tulungagung Nurul Amin, M.Ag saat membuka acara “adapun koin dan poin efek dari penelitian dan pengabdian yang kita lakukan akan seiring berjalan dengan sendirinya, karena yang perlu di ingat adalah tugas Dosen adalah meneliti dan mengabdi kepada masyarakat dengan menghasilkan karya-karya terbaiknya sebagaiamana yang tertuang didalam Tri Dharma”.

Setiap tahun beberapa dosen STAIM Tulungagung lolos dalam program yang dibiayai oleh Pemerintah. Tahun 2011 satu dosen tetap Bpk Faruuq Tri Fauzi, M.Pd.I dan tiga dosen tidak tetap (1) Dr. H. Bambang Widrsono, M.KPd (2) Drs. Imam, M.KPd (3) Drs. Suwono, M.Pd.I yang lolos mendapatkan bantuan hibah doktor, tahun 2014 ada tiga dosen yang mengajukan publikasi ilmiah Program Kemenag Diktis dan yang lolos sampai tahap akhir hanya satu Bpk Afiful Ikhwan, M.Pd.I. ditahun yang sama pula tiga Dosen mengajukan hibah doktor dan Ketiga dosen tetap ini lolos dan sedang merampungkan studi S3. Ditahun 2016 ini banyak pula tawaran program dari Kemang Diktis yang di ikuti oleh Dosen Tetap STAIM Tulungagung diantaranya; Penelitian Kolaboratif yang di ketuai oleh Asep Fathur Rozi, M.Pd.I dengan PTKI IAIN Tulungagung dan STAI Denpasar Bali.

Acara workshop ini diakhiri dengan pose bersama dan penandatangan MoU antar PTKIS yang hadir, persamaan persepsi ini untuk saling bekerjasama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan agar hasil dari itu semua terpublikasi dalam skala Internasional, dengan demikian Indonesia siap bersaing dalam kancah Pendidikan Dunia. -AF-


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah