Workshop E-Jurnal; Percepatan Akreditasi Jurnal

Diposting pada: 2017-01-18, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

Senin, 31 Oktober 2016 bertempat di Ruang Rapat Lt.2 STAI Muhammadiyah Tulungagung, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) menyelenggarakan Workshop E-Jurnal dengan mengangkat tema "Percepatan Akreditasi Jurnal Online". Workshop ini diselenggarakan atas kerjasama antara P3M STAIM Tulungagung dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Jakarta.

Workshop ini bertujuan untuk memberi pemahaman komprehensif tata kelola Open Journal System (OJS) untuk menuju akreditasi online kepada seluruh pengelola jurnal di Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah IV Surabaya khususnya dan pengurus jurnal Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII Surabaya umumnya.

Hal ini sebagai bentuk dukungan STAIM terhadap jurnal EDUKASI yang akan maju akreditasi online dalam waktu dekat, sebagaimana surat edaran Kemenristek: (1) Surat edaran Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, nomor: 193/E/SE/XII/2015 Perihal: Akreditasi Jurnal Ilmiah Secara Elektronik; (2) Surat edaran Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan nomor : 3537/E5.4/HP/2014 tentang akreditasi terbitan berkala ilmiah. Terbaru, (3) Surat Edaran Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, tanggal 02 Maret 2016, nomor:  62/E5.2/SE/2016 tentang Pemberitahuan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Tahun 2016.

Acara dibuka secara resmi oleh Nurul Amin, M.Ag Ketua STAIM yang menekankan bahwa workshop ini adalah kesempatan berharga bagi para pengelola jurnal untuk belajar bersama terutama soal langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam mengajukan akreditasi jurnal secara online. Workshop ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari perguruan tinggi di wilayah jawa timur dengan jurnal dari berbagai disiplin keilmuwan.

Sesi pertama disampaikan oleh Afiful Ikhwan, M.Pd.I (Pimred Jurnal EDUKASI: Pendidikan Islam) yang menjelaskan tentang kebijakan redaksional & penyajian artikel. Pada sesi ini juga disampaikan secara teknis bagaimana koherensi antar sub judul di dalam penulisan naskah jurnal pemikiran dan jurnal penelitian. Kandidat doktor Manajemen Pendidikan Islam ini juga tidak lupa untuk berbagi tentang strategi memilih reviewer sesuai dengan bidang keilmuan jurnal yang di kelola.

Sesi kedua disampaikan oleh Andri Putra Kesmawan,S.IP, M.GAA (Redaktur JKAP UGM Yogya) yang lebih banyak berbicara tentang bagaimana strategi lolos akreditasi jurnal online dengan penataan OJS, lembaga peng-index OJS bereputasi dan tata kelola OJS sesuai aturan. Sesi ini berjalan lebih santai dengan tanya jawab secara lebih intensif antara Pemateri dan para peserta.

Acara dilanjutkan dengan sesi klinik jurnal, sesi ini berjalan lancar sampai dengan pkl. 22.00 WIB. Setelah sesi ini, acara ditutup dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh Ketua P3M kepada Pemateri Bpk. Andri. -af-


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2018 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah