Pelatihan Jalin Matra STAIM dan Unibraw Malang

Diposting pada: 2017-01-27, oleh : staim, Kategori: Kegiatan Mahasiswa

Tulungagung, Awal desember lalu program Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa akhir STAI Muhammadiyah Tulungagung yang berlokasi di Kec.Ngantur Kab.Tulungagung mengadakan salah satu agenda bernama Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri Sejahtera), agenda ini berlangsung dengan kerjasama Mahasiswa Univ. Brawijaya Malang dan bertempat di Balai Desa Srikaton. Secara resmi sosialisasi agenda ini dibuka oleh Kepala Desa Srikaton.

Sosialisasi ini diikuti oleh 130 orang peserta terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Kecamatan (SKPK) selaku anggota Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK), Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan serta Kasi Pembangunan Kecamatan, Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKD, KPM penerima Jalin Matra dan Ketua Pokmas Pelatihan dan Pendamping Desa.

Kepala Desa Srikaton mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ketahanan ekonomi RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) dan meningkatkan pendapatan rumah tangga sasaran. “Meningkatkan aksebilitas bagi rumah tangga sasaran pada usaha ekonomi produktif,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia mengatakan program Jalin Matra ini selaras dengan visi Kabupaten Tulungagung terutama untuk mensejahterakan masyarakat. Bantuan RTSM, PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan) dan PK2 (Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan), sangat sejalan dengan program kemiskinan di Kabupaten Tulungagung melalui pelatihan usaha ekonomi produktif.

“Untuk jenis pelatihan usaha ekonomi produktif  disesuaikan dengan kebutuhan Rumah Tangga Miskin (RTM) dan potensi daerah berbasis kondisi geografis wilayah yaitu dataran tinggi, dataran menengah dan dataran rendah/pesisir,” ungkapnya.

Menurutnya lagi pengentasan kemiskinan harus dilakukan dengan mengubah paradigma penanganannya. Sebab jika sudah demikian maka jumlah kemiskinan akan berkurang dengan cepat. Tetapi kalau masih tetap seperti saat ini, maka butuh waktu beberapa tahun untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Tulungagung khususnya di Ds.Srikaton melalui program seperti ini. -am-


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya

Silahkan manfaatkan aplikasi ini dan berikan komentar dengan baik dan mendidik!



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2017 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah
indobokep rental mobil pontianak borneowebhosting bokep indonesia videongentot bokeper entotin bokepsmu videomesum bokepindonesia