Mahasiswa STAI Muhammadiyah Tulungagung Adakan PPM di Ngranti

Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) STAI Muhammadiyah Tulungagung di Desa Ngranti telah berlangsung selama tiga minggu. Kegiatan PPM itu sendiri merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat diluar kampus secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PPM juga sekaligus untuk memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam kurun waktu tertentu sebagai wujud tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan serta tercapainya tujuan pembangunan nasional .

Sementara itu dalam rentang waktu yang telah dijalani oleh mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung di Desa Ngranti, telah diisi dengan berbagai kegiatan dan kontribusi kepada warga masyarakat sekitar. Kegiatan-kegiatan tersebut difokuskan pada 4 bidang yaitu bidang keagamaan,bidang pendidikan,bidang ekonomi dan bidang sosial kemasyarakatan.

Kegiatan PPM STAI Muhammadiyah di Desa Ngranti yang telah di laksanakan diantaranya sebagai berikut :

Turut serta dalam Kegiatan Yasin Tahlil Kelompok Majelis Taklim Dusun Ngranti. Yasinan lingkungan Dusun Ngranti digelar pada malam selasa untuk perempuan dan malam senin untuk laki-laki bertempat di salah satu rumah Jama’ah secara bergantian. Anggota Jama’ah Majelis Taklim dusun Ngranti beranggotakan sebanyak kurang lebih 60 orang.
Mengajar di TK Darma Wanita Desa Ngranti. Mahasiswa STAI Muhammadiyah Tulungagung mengajar di TK setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB.
Mengadakan Kegiatan Jum’at Bersih. Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan masjid yang ada di Desa Ngranti secara bergantian.
Mengikuti Kegiatan Posyandu di Balai Desa Ngranti. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Minggu pertama bersama Kader dan Tenaga Kesehatan Kecamatan Boyolangu.
Mengikuti Kegiatan Karang Taruna Cahaya Desa Ngranti, Terutama dalam persiapan PHBN di Desa Ngranti Tahun 2018.
Mengikuti Kegiatan kerja Bakti Pengecoran Gedung PAUD dan Pembuatan Jalan Paving. Mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung juga turut berkontribusi aktif dalam pembangunan bersama warga Desa Ngranti.
Kunjungan kerja dan Penggalian Data di Home Industri Pengrajin Genteng Dusun Ngranti dan Dusun Blimbing II. Seperti yang diketahui bawasanya Desa Ngranti merupakan salah satu sentra industri genteng terbesar di Kabupaten Tulungagung, potensi desa inilah yang coba untuk di eksplor dan terus dikembangkan oleh Mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung di Desa Ngranti.
Kunjungan Kerja dan Penggalian Data di Home Industri Lele Asap dan Produsen Waleran Dusun Miren. Potensi desa dibidang perikanan yang telah berhasil dikembangkan oleh warga masyarakat sekitar juga tidak lepas dari objek penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung di Desa Ngranti agar terus berinovasi.
Mengadakan Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai dan Aneka Macam Kue. Mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung mengadakan kegiatan ini dengan tujuan untuk lebih memberdayakan ekonomi warga sekitar khususnya kepada ibu-ibu PKK Desa Ngranti.
Mengadakan Lomba Mewarna. Kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi dibidang pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa PPM STAI Muhammadiyah Tulungagung kepada murid-murid TK Dharma Wanita Desa Ngranti.

sumber : https://tulungagungdaring.id/warta-desa/mahasiswa-stai-muhammadiyah-tulungagung-adakan-ppm-di-ngranti/