Pelatihan Pembuatan Terang Bulan

“ADAKAN KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN TERANG BULAN MAHASISWA STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG DAPAT APRESIASI DARI PKK DESA BOYOLANGU”

Staimta News- Kembangkan ekonomi produktif Mahasiswa STAI Muhammadiyah Tulungagung Peserta PPM (Program Pengabdian Masyarakat) Desa Boyolangu sukses menjalankan program pembuatan terang bulan, dalam program ini mahasiswa PPM mendapat apresiasi dari kelompok PKK desa Boyolangu Kec. Boyolangu, Selasa (07/08/2018).Dimana acara tersebut dilakksanakan di Balai Desa Boyolangu.
Khoirul anam dari Prodi Ekonomi Syariah (ES) yang menjadi narasumber dalam program tersebut mengatakan bahwa dirinya merasa senang dapat berbaur ditengah-tengah kelompok ibu-ibu PKK.
Narasumber juga mengatakan “jajanan yang menyehatkan itu jajanan yang di proses dari tangan kita sendiri, apalagi untuk keluarga yang kita sayangi harus kita prioritaskan, mulai dari makanannya agar terjaga asupan gizi yang baik untuk keluarga serta meminimalisir biaya.”
Bahkan dalam pelatihan tersebut Khoirul anam menyatakan siap mendampingi jika ada warga yang serius ingin mengembangkan bisnis ini.
Memang narasumber sengaja kami pilih dari teman kami sendiri yang notabene juga pelaku usaha langsung, jadi sambil kuliah ada beberapa teman kami juga punya usaha mandiri salah satunya martabak dan terang bulan imbuh kordes Boyolangu Yusuf Arifin.
Mungkin dari program ini yang dapat bermanfaat dan berguna bagi warga Desa Boyolangu, khususnya bagi keluarga masing-masing, serta bisa menjadikan nilai tambah ekonomi pungkasnya.
“PEMBUATAN TERANG BULAN”
Oleh : Mahasiswa PPM STAIM Tulungagung

Bahan Topping
Tepung 1 Kg MesisCoklat
Telur 2 Butir Keju
Gula 350 Gram Kacang
Kara 2 Bungkus Pisang
Garam 1 Sendok Margarin
VaniliCair 1 Botol Gula
Soda Kue 1 Sendok
Fernipan 1 Ujung Sendok
Baking Soda ½ Sendok
Air 3 ½ GelasBesar

Cara Pembuatan :
• Semua bahan diatas dicampur jadi satu dan di mixer sampailembut/halus/rata kemudian dibiarkan kurang lebih 10 menit
• Panaskan Loyang diatas kompor
• Apabila sudah panas tuangkan adonan diatas Loyang
• Tunggu hingga adonan terlihat mendidih barukemudian tutup sebentar
• Jika warna sudah kecoklatan berarti tanda bahwa terang bulan siap diangkat dan dipotong menjadi 2 bagian
• Berilah topping sesuka selera anda
• Sajikan dengan potongan-potongan kecil